Google Adsense

Kamis, 07 Juni 2012

Buah Pisang bisa sembuhkan nyeri otot leher


Semua pasti sudah tahu dengan buah pisang yang banyak dijumpai dimanapun berada, disamping dari harganya yang murah ternya buah pisang juga mempunyai khasiat yang lain buat kesehatan, terutama untuk penyembuhan rasa nyeri pada otot leher. Seringkali nyeri otot leher menyerang di waktu yang kurang tepat. Sakit atau nyeri pada leher seringkali disebabkan karena ketegangan otot akibat cedera, menghabiskan waktu lama di depan komputer, ataupun menyetir. Selain itu tekanan pada saraf yang terletak di leher juga bisa menimbulkan rasa sakit.
Rendahnya kadar mineral tertentu di dalam tubuh terutama kalium atau kalsium bisa memicu terjadinya kejang otot. Efek ini akan menjadi lebih buruk jika seseorang mengalami dehidrasi di waktu yang bersamaan.
Pisang mengandung mineral kalium yang tinggi yang bisa mengembalikan keseimbangan elektrolit dan mengurangi kontraksi otot yang menyakitkan. Selain itu pisang juga mengandung kadar lemak dan kolesterol yang rendah serta tinggi vitamin dan mineral. Mengkonsumsi buah pisang, istirahat yang cukup, dan konsumsi cairan yang tepat bisa menjadi obat yang sederhana dan efektif untuk mengatasi nyeri pada leher. Selain itu ada beberapa makanan yang mengandung kalium dengan kadar tinggi yaitu jus jeruk, tomat, kismis atau kentang yang dipanggang bersama kulitnya.
Sebuah pisang berukuran sedang memiliki kandungan kalium sebanyak 422 miligram. Sedangkan tingkat asupan harian untuk orang dewasa adalah 4700 miligram kalium. Sedangkan bagi atlet asupannya lebih tinggi karena untuk menghindari nyeri otot.
Tetapi jika rasa sakit atau nyeri di leher tidak juga berkurang atau justru menjadi lebih buruk, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Karena bisa jadi nyeri yang muncul bukan karena otot yang tegang, melainkan sebagai gejala dari masalah kesehatan yang lebih serius. Terutama jika rasa nyeri semakin menyebar ke lengan atau bahu.

http://colbinkumara.wordpress.com/2011/07/01/buah-pisang-bisa-sembuhkan-nyeri-otot-leher/ 

1 komentar: