Google Adsense

Sabtu, 09 Juni 2012

5 Suasana yang Dibutuhkan Tubuh Kita

Tubuh manusia itu unik, terdiri dari unsur psikis (jiwa) dan fisik (raga). Kedua unsur ini membutuhkan suasana yang kondusif agar dapat berfungsi dengan baik. Suasana yang kondusif ini seakan-akan syarat agar sumber kekuatan atau energi kita tetap menyala. Ibarat lilin, jika berada dalam keadaan terbuka, berangin, dan lembab akan mudah padam, begitu juga tubuh manusia, dalam keadaan atau suasana yang tidak kondusif akan mudah lemah.

Lalu suasana seperti apa yang dibutuhkan tubuh manusia, agar dapat berfungsi sempurna. Berbagai sumber literatur menunjukkan bahwa ada 5 (lima) suasana yang kita butuhkan.

Konsep tentang kelima suasana itu sejalan dengan pemikiran bahwa ada beberapa unsur kegiatan manusia yang dapat mempertahankan energi yaitu : unsur spiritual, mental, intelektual, fisik dan finansial. Disingkat dengan akronim SEMIFINAL.  


1. Khusuk/khidmat (unsur spiritual)
2. Profesional/disiplin (unsur mental)
3. Belajar (unsur intelektual)
4. Segar Bugar (unsur fisik)
5. Sejahtera (unsur finansial)

Sehingga jika tubuh kita berada dalam suasana yang disebutkan di atas, atau kegiatan kita selalu melibatkan kelima unsur di atas, maka energi tubuh kita tidak akan cepat terkuras. Artinya energi kita akan bertahan lama, fit sepanjang masa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar